Apa yang mesti kita lakukan jika lapisan kombinasi warna cat rumah melunak atau lengket?

Pernahkah Anda menyentuh dinding yang catnya lunak dan lengket? Masalah ini sering terjadi pada dinding rumah, terutama bagian interior rumah. Lapisan cat terlihat seperti lelehan, terasa lengket saat disentuh. Masalah ini sangat mengganggu aktifitas karena jika Anda tidak sengaja menyentuhnya maka cat akan menempel ke badan Anda. Maka diperlukan cara yang benar untuk mengatasi masalah cat tersebut. Apa yang mesti kita lakukan jika lapisan kombinasi warna cat rumah melunak atau lengket? Inilah beberapa langkah yang perlu dilakukan:

  1. Amplas lapisan cat yang melunak

Amplas bagian lapisan cat yang melunak, Anda tidak perlu mengamplas seluruh bagian dinding yang catnya normal. Jika cat masih basah, Anda tidak perlu mengamplasnya, cukup meratakannya kembali. Tetapi jika cat sudah lama, perlu dilakukan mengamplasan agar cat tidak menggumpal.

  1. Bersihkan dari semua debu dan biarkan kering

Keadaan dinding setelah diamplas harus benar-benar bersih. Anda bisa mengelapnya dengan kain basah untuk menghilangkan debut, lalu lap dengan kain kering dan biarkan sampai benar-benar kering. Ingatlah untuk menunggu kering jangan langsung di cat ulang. Jika dinding belum kering maka kelembaban dinding akan tertutup cat dan akhirnya cat akan melunak dan sulit kering.

  1. Beri pengecatan dasar

Berikan dahulu pengecatan dasar di dinding tersebut agar lapisan catnya tidak langsung tebal. Pengecatan dasar ini harus dilakukan dalam satu kali pengaplikasian dan perhatikan kadar keencerannya agar tidak meleleh. Ratakan ke seluruh bagian yang sudah dihilangkan catnya, kemudian tunggu sampai kering. Jangan dilapisi cat lagi jika cat dasar belum kering karena akan menyebabkan dindin lembab dan cat meleleh.

  1. Cat ulang dengan cat utama

Bagian terakhir yang paling penting adalah melakukan pengecatan ulang. Setelah dinding diberi lapisan cat dasar, berikan cat utama di atasnya. Jangan mengaplikasikannya berulang-ulang untuk menghindari cat yang terlalu teba. Jika cat terlalu tebal maka sulit untuk mengering dan justru jadi meleleh. Kekentalan cat juga harus diperhatikan, jangan terlalu kental dan jangan terlalu encer. Pada proses pengecatan ulang, gunakan warna yang sama seperti cat sebelumnya agar warnanya tidak belang.

Kombinasi warna cat rumah yang permukaannya berkerut bisa diakali