Perbedaan BIFA dengan STPI dan API

Terdapat dua sekolah penerbangan yang paling terkenal di Indonesia, yaitu BIFA dan STPI atau API. Keduanya sama-sama sekolah penerbangan, tapi berasal dari lembaga yang berbeda. BIFA merupakan lembaga swasta sedangkan STPI merupakan sekolah negeri. Dua sekolah ini adalah sekolah penerbangan favorit yang sama sulitnya dalam hal seleksi masuk. Terdapat beberapa perbedaan yang mendasar antara BIFA dengan STPI. Selain dari lembaga asalnya, dua sekolah ini memiliki perbedaan lainnya. Perbedaan BIFA dengan STPI dan API adalah:

  1. BIFA (Bali International Flight Academy)

BIFA adalah akademi penerbangan paling terkenal di Indonesia. BIFA juga menjadi akademi yang memiliki peluang kerja besar bagi lulusannya. BIFA merupakan akademi penerbangan dari lembaga swasta sehingga dari segi harga tentu BIFA lebih mahal. Diperlukan sekitar 620 juta rupiah untuk bisa masuk di BIFA, dan karena merupakan akademi swasta maka tidak ada bantuan subsidi dari pemerintah. BIFA juga dikenal memiliki fasilitas paling lengkap seperti simulator pesawat yang menyerupai cockpit aslinya. Sarana dan fasilitas yang disediakan lebih banyak dan bervariasi. BIFA lebih banyak bekerjasama dengan maskapai besar sehingga lebih menjamin pekerjaan lulusannya. Bahkan pihak maskapai juga ikut ambil bagian dalam menyeleksi calon siswa. Siswa yang lolos seleksi oleh maskapai tersebut kemudian akan menempuh pendidikan di BIFA, setelahnya ia akan langsung bekerja di maskapai tersebut.

  1. STPI (Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia)

Dulunya sekolah ini bernama Akademi Penerbangan Indonesia atau biasa dikenal API. STPI merupakan sekolah tinggi negeri sehingga berada di bawah Departemen Perhubungan Republik Indonesia. Tidak seperti BIFA yang memerlukan biaya mahal, STPI mematok harga yang lebih murah ditambah lagi dengan subsidi dari pemerintah. Bahkan STPI dikenal juga sebagai sekolah penerbangan paling murah di Indonesia. Tapi seleksi masuk STPI tidak langsung oleh maskapai, setiap tahunnya hanya ada 20 siswa saja yang diterima. Seleksinya pun juga cukup sulit dan ketat sehingga tidak banyak yang berhasil. Jika lulusan BIFA lebih banyak masuk ke maskapai besar, lulusan STPI lebih mudah mendapat ikatan dinas dengan pemerintahan.

Bagaimana tes Interview, Psikomotorik dan Medical Examination sekolah penerbangan?